Install Wordpress di Linux Lubuntu

Assalamualaikum teman-teman, kali ini saya akan mencoba menuliskan tutorial cara menginstall wordpress di Linux Lubuntu, sebelumnya tentu teman-teman harus menginstall aplikasi webserver diantaranya apache2, php7, mysql-server dan phpmyadmin artikelnya bisa teman-teman lihat disini walaupun tutorial tersebut berbasis LinuxMint 19 namun karena sama-sama turunan ubuntu pada dasarnya hampir sama. Jika teman-teman sudah menginstall keempat aplikasi diatas maka kita bisa langsung mempraktekan tutorial ini.

sebelumnya download dulu file wordpress disini




setelah download, extract lah terlebih dahulu file tersebut





 setelah di extract pindahkan file hasil extractnya ke  /var/www/html/  menggunakan terminal, karena kita harus mempunyai akses root untuk menyimpan di folder tersebut. perintahnya adalah sebagai berikut :

$ cd /Downloads
$ sudo mv wordpress /var/www/html/ 



siap kan database dengan membuatnya di phpmyadmin. bukalah browser kesukaan teman-teman yang terinstall di linux lubuntu nya, kalau saya menggunakan firefox, dan ketik alamat http://localhost/phpmyadmin


lalu login menggunakan akun yang telah di buat sebelumnya artikel bisa di baca disini  selanjutnya buatlah database wordpress 




jika sudah masuklah ke http://localhost/wordpress



perlu teman-teman ketahui bahwa dalam proses instalasi wordpress ini, wordpress akan melakukan pembuatan file configuration secara automatis, permasalahannya adalah dalam menuliskan file tersebut ditempatnya perlu ijin khusus, untuk itu kita persiapkan terlebih dahulu ijin tersebut melalui terminal.

$ sudo chown -R www-data:www-data /var/www/html/wordpress/
$ sudo chmod -R 755 /var/www/html/wordpress/
setelah ijin akses di terapkan, kita kembali ke halaman instalasi wordpress, lalu kita klik tombol Let's go lalu tampilan instalasi berikutnya adalah pengisian form, isilah kolom-kolom sesuai dengan data-data yang sudah disiapkan.


isi kolom

Database name dengan  wordpress , nama database yang kita buat dalam artikel ini adalah wordpress.

Username  dengan admin, nama user yang kita buat untuk pengguna database

Password isi dengan password database

Database host isi dengan localhost

Table prefix biarkan tidak usah diubah 

setelah selesai diisi, silahkan klik tombol submit 

jika pengisian form di atas benar dan sesuai maka akan muncul halaman berikut :





klik tombol Run the installation! maka akan muncul halaman berikutnya

silahkan isi form yang ada. 



setelah selesai klik tombol Install wordpress

jika instalasi tidak ada kendala maka pemberitahuan instalasi sudah selesai akan tampil


halaman diatas, seperti ditunjukan dalam gambar, menandakan instalasi sudah selesai dan sukses, dari halaman tersebut kita bisa login kehalaman dashboard wordpress untuk memulai membuat content di website teman-teman semua.

semoga bermanfaat





Komentar