Setting Huawei HG8245H sebagai Access Point

Untuk melengkapi artikel sebelumnya saya akan menuliskan tahapan setting Huawei HG8245H untuk dijadikan access Point. Berdasarkan topologi seperti dibawah ini, saya menggunakan alamat IP : 192.168.1.5 namun sebelum disetting kita reset dulu agar tahapan setting dapat diketahui.


  1. Reset modem Huawei HG8245H (cek harga) dengan cara menekan tombol reset beberapa detik sampai modem restart sendiri
  2. Setting koneksi network di linux Lite ke IP : 192.168.100.12 untuk sementara agar kelas networknya selaras dengan modem huawei, karena secara default modem tersebut menggunakan alamat IP : 192.168.100.1
  3. Hubungkan kabel network dari laptop ke modem Huawei HG8245H, setelah itu buka browser dan ketikan alamat IP  modem Huawei HG8245H yaitu 192.168.100.1 maka akan muncul halaman login.
  4. .Gunakan username : Support  dan password : theworldinyourhand untuk login
  5. Masuk ke tab LAN pada menu sebelah kiri LAN Port Work Mode   aktifkan port LAN yang tersedia dengan mencentang LAN checklist yang ada.
  6. Setelah itu pada menu sebelah kiri klik LAN Host Configuration, untuk menentukan alamat IP yang akan diset untuk modem tersebut, dalam artikel ini saya menggunakan IP address 192.168.1.5 
  7. Lanjut ke menu sebelah kiri klik DHCP Server Configuration, non aktifkan Enable Primary DHCP Server: karena dhcp server akan diatur di mikrotik, jangan lupa aktifkan Enable DHCP Relay: jika ini diaktifkan modem akan berfungsi pula sebagai hub, memudahkan penambahan AP melalui modem ini. 
  8.  setelah selesai masuk ke tab Security dan pilih menu Firewall Level Configuration, pilih medium. 
  9.  setelah itu selesai, kita sekarang setting SSID nya untuk access point modem tersebut, klik tab WLAN pada menu sebelah kiri klik WLAN Basic Configuration aktifkan checklist WLAN Enable lalu klik New untuk menambahkan SSID seseuaikan nama dengan keinginan anda, setiap SSID di modem ini mampu menampung 32 koneksi, maka dari itu saya membuat 4 SSID seperti gambar dibawah untuk memaksimalkan kemampuan modem ini. untuk kebutuhan voucheran authentication mode menggunakan Open dan encryption mode None  karena pengaturan tersebut akan dialihkan ke mikrotik. jangan lupa klik tombol Apply  jika sudah selesai untuk menyimpan.
  10. Access Poin sudah siap digunakan

Komentar