Import MikrotikOS

Melanjutkan artikel sebelumnya mengenai bisnis hotspot, kali ini saya akan menulis cara import file MikrotikOS yang sudah berupa ekstention .ova untuk memudahkan instalasi. Dalam pembuatan artikel ini saya akan import file MikrotikOS .ova yang masih polos atau bawaan mikrotiknya. agar bisa menunjukan cara konfigurasi dari awal. Jika tak mau repot silahkan hubungi saya WA (089523912322) untuk mendapatkan file MikrotikOS .ova

jika sudah di import setting lah network di virtualbox dengan cara klik satu kali terlebih dahulu MikrotikOS yang sudah di import, lalu klik tombol setting, untuk meng konfigurasi network, ada 3 network yang akan kita gunakan :
  1. Bridge ke wifi host
  2. internal network
  3. Brige ke Lan host
1. Brige ke wifi host
Brige ke wifi host digunakan untuk mengakses internet melalui router/modem indihome sebagai sumber koneksi internet. saya menggunakan IP : 192.168.100.10 untuk konfigurasi awal kita harus login ke mikrotikOS langsung menggunakan perintah baris. karena dengan metode ini winbox tidak akan mendeteksi langsung  ke mikrotikOS yang berada di virtualbox.

2. Internal Network
Internal network akan digunakan sebagai akses melalui pelanggan melalui LAN (lokal), karena mikrotik ini berupa virtual system saya gunakan sebagai latihan jika mempunyai Mikrotik secara fisik, selain itu berguna untuk mengimport/paste template login ke mikrotik melalui winbox, karena melalui winbox yang berada di wine linux lite tidak bisa mengimport/paste file template secara langsung. maka dari itu saya memerlukan windowxp sebagai sarana untuk mengimport template tersebut.

3. Brige ke LAN host
Brige ke LAN host digunakan untuk koneksi ke accsess point, acces point yang saya gunakan adalah modem GPON bekas indiHome dengan merk Huawei HG8245H (cek harga sekarang), dan difungsikan sebagai access point, akan saya tunjukan cara setting nya di artikel berikutnya.












Komentar